Tiga Cara Mudah Membeli Domain dan Hosting

Beli Domain dan Hosting
Beli Domain dan Hosting

CAKSYARIF.MY.ID – Ada tiga cara mudah membeli domain dan hosting. Tiga cara tersebut dapat kita gunakan salah satunya. Apa saya tiga cara itu, guys? Yuk kita simak.

Pertama, beli langsung ke teman yang sudah sering beli domain. Nah, kalo kita ribet dan bingung mau beli, langsung aja bikin story di Whatsapp dengan caption: “Bantu beli domain, rek! :-)”, atau langsung WA aja ke saya. Hehe. Sebelum membeli hosting, silahkan cari tahu dulu di google: “berapa harga domain dan hosting untuk website?”

Kedua, langsung masuk ke provider penyedia layanan domain dan hosting. Biasanya penyedia layanan hosting menyiapkan fitur chat WA di masing-masing website mereka. Nah, kita bisa gunakan fitur itu jika tidak paham bagaimana cara memberi domain. Selain itu, biasanya juga ada kolom Q&A atau Panduan. Baca dan pahami aja sampai selesai, guys. Hehe.

Ketiga, buka tutorial di YouTube. Kalau kita masuk ke Youtube, kita akan diarahkan ke tutorial yang dibuat oleh penyedia layanan hosting. Jadi akan lebih mudah memahaminya. Nah, tinggal ikuti deh langkah-langkahnya. Kalau tidak yakin, ya, silahkan pilih opsi pertama aja.

Baca juga: 10 Website Universitas Terkemuka di Indonesia Ini Gunakan CMS WordPress

Provider Recommended

Secara umum, semua penyedia layanan domain dan hosting punya fitur yang sama. Mulai dari client area, kolom layanan hosting, kolom my domain, Billing, Support, dll. Mengenai kecepatan website juga sama, beda harga aja. Semakin besar RAM hosting yang kita inginkan, maka harga juga semakin mahal. Selain itu, layanan hosting yang kita beli berkapasitas memory berapa GB dan inodes-nya berapa juga perlu dipertimbangkan.

Mengenai providernya, silahkan langsung cari aja di google dengan kata kunci “beli domain dan hosting”. Provider yang ada di halaman awal pencarian google itu semua sudah teruji dan terpercaya layanannya. Terutama provider yang muncul di halaman pertama google tanpa pakai jasa iklan google.

Kalau saya sendiri tidak mesti beli di mana. Sering ganti-ganti. Tergantung mana yang lagi ada promo. Kadang beli di Domainesia, kadang juga di Masterweb. Selain itu juga di IDCloudhost, IDwebhost, Jagoanhosting, dan Pestahosting.

Pertimbangan mendasar saya untuk beli domain dan hosting hanya satu, guys: Promo termurah. Soalnya, target pasar yang saya garap adalah kelas menengah ke bawah. Jadi sering minta dibuatkan website dengan budget 1jt-an.