Abah Hasyim dan Catatan Kecil Perolehan Suara Konfercab NU Nganjuk

Konfercab NU Nganjuk
Dokumentasi Pemungutan Suara Ketua PC NU Nganjuk 2021-2026

CAKSYARIF.MY.ID – Agenda Konfercab NU Nganjuk yang selalu menanti Pleno Pemilihan Ketua Tanfizdiyah. Dan PC NU Kabupaten Nganjuk hari ini (Sabtu, 29/05) telah usai melaksanakan hal tersebut.

Konfercab NU Nganjuk ke-20 tersebut digelar di Pondok Pesantren Al Aziz Jati, Desa Sawahan, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk. Kemudian juga disambungkan secara online di Kantor PCNU Kabupaten Nganjuk untuk peserta hibrid.

Ada hal yang unik dalam pemungutan suara Ketua Tanfizdiyah PCNU Nganjuk kali ini. Dalam pemilihan, yakni berkaitan dengan perolehan suara. Pemungutan suara muncul tiga nama calon yang menguat, yaitu: (1) KH. Hasyim Afandi (Ngronggot) memperoleh 179 suara, (2) KH. Zainal Arifin (Prambon) memperoleh 112 suara, dan (3) KH. Bisri Hisyam (Prambon) memperoleh 77 suara.

Baca juga:  Belajar Membaca dan Fungsinya dalam Kehidupan

Selanjutnya, yang ingin saya katakan ialah bahwa Kecamatan Prambon ini unik menurut saya. Sebab ada pertanyaan besar mengganjal, yaitu: kenapa bisa muncul dua nama dari kecamatan tersebut? Dari perolehan suara tersebut, pasti muncul berbagai spekulasi bahwa ada hal yang tidak tuntas di internal NU Kecamatan Prambon, sehingga berdampak pada Konfercab.

Sebagai seorang pelajar NU, forum Konfercab NU akan menjadi pembelajaran pula untuk saya dan rekan-rekan yang lain.

Konfercab NU Nganjuk
KH. Ali Mustofa Said (kiri) terpilih sebagai Rois Suriyah dan H. Hasyim Afandi (kanan) terpilih sebagai Ketua Tanfizdiyah PC NU Nganjuk 2021-2026

Mengenai Rois Suriyah, Ahlul Halli Wal Aqdi sepakat memilih dan menetapkan kembali KH. Ali Mustofa Said sebagai Rois Suriyah. Hal ini bukan kejutan, sebab kultur di NU, mengenai suksesi Rois Suriyah akan lebih mudah dalam mengkomunikasikan. Lain halnya dengan tanfizdiyah yang selalu alot.

Baca juga:  Iklan YouTube dan Cara Memblokirnya di Google Chrome PC/Laptop

Baca juga: Kader IPNU : Ada Empat Situs yang Wajib Dibaca!

***

Abah Hasyim Afandi

Abah Hasyim (Ketua Tanfizdiyah PCNU Nganjuk terpilih) adalah guru saya di MA Al Khidmah Ngronggot. Sepak terjangnya di NU sudah tidak ada yang meragukan lagi. Dulu aktif di IPNU. Kemudian saat studi S1 di IAIN Yogyakarta (sekarang UIN Suka) juga aktif di PMII.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Tanfizdiyah, Abah Hasyim adalah Sekretaris PC NU Nganjuk. Mengenai sumbangsih beliau di NU, tentu tidak bisa menuangkannya dalam tulisan yang hanya dalam satu-dua halaman.

Selamat, Bah. Semoga amanah tersebut bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya.

Salam,

Dari murid Jenengan yang mbeling

Pejalan kaki di Kota Malang