SMS Penipuan dan Cara Agar Tidak Ketipu

SMS Penipuan

CAKSYARIF.MY.ID – SMS Penipuan masih marak hingga saat ini. Bahkan saya sendiri juga sering dapat SMS tentang penipuan tersebut. Rata-rata pesannya tentang hadiah. Kalau pemberi hadiahnya sangat bervariasi, kadang dari M-Tronik, Bank BRI, WhatsApp, Produk Kecantikan, Spesial Ramadhan, dll.

SMS Penipuan memang hal yang receh bagi sebagian orang. Namun, bagi orang yang gaptek atau belum punya pengetahuan tentang jenis penipuan demikian, hal tersebut sangat merepotkan.

Sampai tahun 2021 ini, modus bagi-bagi hadiah lewat SMS masih tetap laku di dunia tipu-tipu. Sebagaimana yang terjadi pada korban atas nama Sulastri di Jakarta Selatan. Ia sempat mentransfer uang kurang lebih Rp 9 juta dan Rp 11 juta kepada tersangka. Namun, setelah ditunggu-tunggu hadiah Rp 100 juta tidak kunjung diterima (dilansir dari beritasatu.com, Jumat (11/05/2021).

Misalnya pula dilansir dari Kompas.com (01/03/2021), yaitu kasus SMS penipuan yang terjadi di salah satu perumahan kawasan Pondok Jaya, Sepatan, Kabupaten Tangerang. Bahkan Polda Metro Jaya mengatakan bahwa penipuan tersebut bisa memperoleh 200 juga per bulan. Saat itu Polda menangkap dua penipu berinisial U (37) dan HS (29) yang beraksi dengan modus undian SMS.

Baca juga: Mulai Gaduh Capres 2024

Nomor saya juga sering dapat SMS yang serupa. Berikut ini contoh SMS yang masuk ke hape saya.

Baca juga:  Bisnis Online Kecil Kecilan dengan 7 Langkah Jitu

Birukut ini Contoh SMS-nya:

Selamat N0/WhatsApp
anda M-dptkan Cek,175,jta
Dengan Pin,(WHA012)
Inf0 lanjut klik,
bit.ly/inf0resmijkt48

SMS Selanjutnya :

Selamat Anda Menang !!!
GIVE AWAY KEDAS BEAUTY
PIN ANDA CK805KU
Hadiah Rp.100jt.
U/info klik:
https://wa.me/c/6285824624727
CHAT WA:0858-2462-4727.

Kemudian juga ada SMS berikut:

BIG RAMADHAN SALE
Selamat. . .
No.Anda Resmi
Meraih
Hadiah Ke-2
Dari SHOPEE 4-4
Rp.175 Jt
Pin Pemenang
(25f4777)
U/Info Silahkan
Hbu/Chat
081908221789

Masih pada pola yang sama, ada pula SMS:

Peserta BPJS Yth:
Anda Menerima
Dana Bantuan Dari
Kantor BPJS Pusat
Untuk Info Klik:
Bit.ly/BantuanBPJS_RI

Selanjutnya berupa SMS sebagai berikut:

UNDIAN RESMI!!!
SELAMAT NO ANDA
TERPILIH JADI PEMENANG
KE 2 CEK TUNAI 175JT
DGN KODE ID: AD25MD47
U/INFO HADIAH KILIK:
bit.ly/shopee-jkt75

Terakhir, ini contohnya:

INFO RESMI Slamat Anda trpilih sebgai pemenang undian SHOPEE dgn kode pin undian (AD25MD47)
U/INFO KLIK: bit.ly/HadiahShopee2021

Cara Agar Tidak Ketipu

SMS Penipuan selalu ditulis dengan kata-kata yang menggiurkan. Kakak saya dulu pernah bilang, “Saya pernah dapat SMS, isinya dapat hadiah. Lha wong saya ndak pernah ikut undian apa-apa, kok bisa dapat hadiah,” katanya.

Baca juga:  Bisnis Online yang Cocok untuk Mahasiswa Baru 2022

Prinsipnya, kalau kita tidak pernah ikut undian apa pun, tidak mungkin kita dapat hadiah. Bodo amat aja dengan yang demikian.

Namun bagaimana kalau kita hobi ikut-ikutan undian atau Give Away? Kuncinya ada dua. Pertama, perhatikan nomor yang digunakan untuk SMS. Kalau nomor yang digunakan hanya nomor biasa (bukan akun resmi pemerintah atau perusahaan yang terkait), maka itu pasti penipuan.

Kedua, nomor yang harus dihubungi balik atau link yang harus di klik. Jika nomornya bukan resmi atau jika linknya tidak menuju ke website resmi (bukan namapemerintahan.go.id atau perusahaan.com), misalnya: pemenangundian.blogspot.com atau menangshopee.wordpress.com, maka dapat dipastikan itu adalah penipuan.

Kalau pinsip saya pribadi sih sederhana, jika ada SMS masuk dari orang yang tidak saya kenal, maka itu penipuan. Bodo amat.!![*]

Pejalan kaki di Kota Malang